Pakistan (Muhammad Yasir)
FrieslandCampina Engro Pakistan Limited (FCEPL) mengumumkan hasil keuangannya untuk Q1, 2024, menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang kuat sebesar 21% (PKR 27,5 miliar dibandingkan dengan PKR 22,7 miliar pada periode yang sama tahun lalu) meskipun terdapat lingkungan operasional yang menantang dan perlambatan ekonomi. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan volume dan penawaran konsumen yang relevan.
Perseroan mencatat pertumbuhan laba kotor sebesar 1%, sementara margin kotor menurun sebesar 320 bps akibat devaluasi mata uang dan tekanan inflasi pada harga komoditas dan energi.
Laba setelah pajak (sebagai persentase penjualan) turun 200 bps dibandingkan LY (Rs. 0,67 miliar vs Rs. 0,99 miliar pada periode yang sama tahun lalu) karena kenaikan suku bunga.
SEGMEN PRODUK BERBASIS SUSU
Segmen ini melaporkan pendapatan sebesar Rs. 26,1 miliar, mencerminkan pertumbuhan 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini dipimpin oleh merek andalan kami, Olper's, melalui pembangunan merek dan aktivitas perdagangan yang konsisten.
Olper's terus memperluas jangkauan Kampanye Paket 1½ Pao Bachat melalui saluran TV dan Digital. Paket 1½ Pao Bachat Olper, ukuran ideal untuk satu acara sarapan, menyediakan jumlah susu yang tepat yang dibutuhkan untuk kebutuhan sarapan harian keluarga.
Merek-merek bernilai tambah kami seperti Olper's Cream, Olper's Cheese, Dobala, dan Tarka terus memperoleh volume meskipun ada persaingan dari para pemain mapan.
SEGMEN MAKANAN PENUTUP BEKU
Segmen ini melaporkan pendapatan sebesar Rs. 1,36 miliar dibandingkan dengan Rs. 1,44 miliar periode tahun lalu. Masa-masa penuh tantangan baru-baru ini dan awal musim panas yang tertunda, ditambah dengan musim hujan yang tidak terduga di seluruh negeri, berdampak pada perkiraan pertumbuhan. Namun, Perusahaan mengantisipasi pemulihan yang cepat di Q2 seiring dimulainya musim sepenuhnya.
KINERJA KEUANGAN
Kinerja keuangan perseroan untuk tiga bulan yang berakhir pada 31 Maret 2024 dirangkum sebagai berikut:
Tiga bulan berakhir | Variasi | ||
(Rs. dalam jutaan) | 2024 | 2023 | |
Penjualan bersih | 27.464 | 22.651 | 21% |
Laba usaha | 1.971 | 1.982 | -1% |
% penjualan | 7,18% | 8,75% | -157bps |
Untung/(Rugi) setelah pajak | 665 | 990 | |
% penjualan | 2,42% | 4,37% | -195bps |
Laba / (Rugi) per saham (Rs.) | 0,87 | 1.29 |
PROSPEK MASA DEPAN
FCEPL mempertahankan dedikasinya untuk memberikan hasil bisnis yang kuat bagi para pemegang sahamnya, meskipun terdapat tantangan eksternal seperti inflasi, devaluasi mata uang, dan kenaikan suku bunga. Model bisnis perusahaan yang tangkas memungkinkan manajemen mempertahankan pertumbuhan melalui efisiensi operasional dan beradaptasi terhadap perubahan permintaan konsumen. Di masa depan, FCEPL berencana untuk terus berinvestasi dalam meningkatkan nilai merek dan memperluas portofolionya untuk meningkatkan margin keuntungan.
Memanfaatkan keahlian global dan warisan 150 tahunnya, FCEPL tetap berkomitmen terhadap standar kebersihan, keamanan pangan, dan keberlanjutan tertinggi serta menyediakan produk susu yang aman, terjangkau, dan bergizi bagi jutaan warga Pakistan, setiap hari.
Rapat Umum Tahunan Perseroan diadakan pada tanggal 26 April 2023 di Royal Rodale di Karachi, dimana para pemegang saham dan Direksi membahas kinerja Perseroan pada tahun 2023.